Kabaristimewa.id, Tenggarong – Selama tiga hari pelatihan, 20 resepsionis hotel dan penginapan dari Tenggarong, Loa Kulu, dan Muara Jawa dilatih oleh Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara. Kegiatan berlangsung pada 3–5 Juni 2025 di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong.
Menurut Sekretaris Dispar Kukar, Sugiarto, pelatihan ini merupakan strategi jangka panjang yang diarahkan untuk menjawab tantangan kompetensi di industri pariwisata. “Pelatihan ini bukan rutinitas tahunan semata, tapi bagian dari strategi jangka panjang,” jelasnya.
Para peserta mendapatkan pelatihan teknis tentang pelayanan tamu, reservasi, keluhan pelanggan, serta penguasaan sistem Front Office. Semua materi berbasis standar nasional, yakni SKKNI bidang perhotelan.
“SDM di Kukar harus profesional dan siap bersaing karena kita berada di zona strategis sebagai daerah penyangga IKN,” ujar Sugiarto lagi. Pelatihan ini memberi nilai tambah pada kualitas pelayanan di sektor perhotelan daerah.
Sertifikasi resmi yang didapatkan peserta menjadi bekal penting dalam menghadapi persaingan industri pariwisata, khususnya menyambut beroperasinya IKN dalam waktu dekat.
(Adv/DiskominfoKukar)
Penulis : Arnelya NL