Dari Yogyakarta ke Kukar, Praktisi Hotel Nasional Bagi Ilmu Pelayanan Profesional untuk Resepsionis Lokal

admin

Pelatihan dan sertifikasi resepsionis di Kukar dibuka langsung oleh Sekretaris Dispar Kukar, Sugiarto, di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (3/6/2025).

Kabaristimewa.id, Tenggarong – Tiga praktisi hotel dari Yogyakarta berbagi pengalaman dalam pelatihan resepsionis yang digelar Dinas Pariwisata Kukar. Yohanes Hendra Dwi Utomo, Herryadi Baiin, dan Iwan Ridwan Munajat diundang khusus untuk menyampaikan praktik pelayanan terbaik kepada peserta pelatihan.

“Yogyakarta punya reputasi baik dalam pelayanan wisata dan hotel. Kami ingin peserta di Kukar belajar langsung dari pengalaman terbaik itu,” ujar Antoni Kusbiantoro, Kabid Pengembangan Industri Pariwisata Dispar Kukar.

Baca juga  Layanan Jemput Bola Disdukcapil Percepat Aktivasi IKD

Pelatihan ini menyasar peserta dari tiga kecamatan terlebih dahulu, dengan rencana perluasan di tahun-tahun berikutnya. Resepsionis, menurut Antoni, memainkan peran penting dalam membentuk kesan awal tamu terhadap hotel.

Antoni mengatakan, “Mereka adalah garda terdepan yang menentukan kesan pertama tamu. Jika tamu merasa nyaman sejak awal, kemungkinan besar mereka akan kembali.”

Baca juga  Bupati Kukar Beri Apresiasi Atas Terealisasinya MTQ Antar OPD se-Kukar

Ia berharap, pelatihan ini tak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga mampu mendorong ekonomi lokal dan menjadikan Kukar sebagai destinasi wisata unggulan penyangga IKN.

(Adv/DiskominfoKukar)

Penulis : Arnelya NL

Berita-berita terbaru

Tinggalkan komentar